Mengejar Impian

Thursday, December 08, 2005

Efek Resonansi-Tacoma Narrow Bridge dan Millenium Bridge

Kenapa harus belajar Matematika? Kenapa harus belajar Kimia organik? Kenapa dalam otak yang sama, harus ada dua-duanya? (Kalau mau jadi engineer tentunya...) hehe..

Coba klik ini. Para engineer kelas berat di San Fransisco seharusnya sudah menghitung segala macam hal yang mungkin terjadi pada Tacoma Narrow Bridge sebelum ini dipakai.http://www.enm.bris.ac.uk/research/nonlinear/tacoma/tacnarr.mpg

Dan telah menjadi insiden yang memalukan bagi London saat pembukaan pertama jembatan cantik Millenium Bridge.http://www.galinsky.com/buildings/millenniumbridge/

Hehe..copy-paste dari wikipedia.com
http://en.wikipedia.org/wiki/London_Millennium_Bridge

The bridge was completed at a cost of £18.2m (£2.2m over budget) and opened on June 10, 2000 (2 months late) but unexpected lateral vibration (resonant structural response) caused the bridge to be closed on June 12 for modifications. The movements were produced by the sheer numbers of pedestrians (90,000 users in the first day, with up to 2,000 on the bridge at any one time). The initial small vibrations encouraged the users to walk in synchronisation with the sway, increasing the effect. This swaying motion earned it the nickname the Wobbly Bridge

yap,selesai laporan hari ini

Islamic Art-2

Ternyata, bisa kutemukan salah satu situs cukup baik berbicara tentang Islamic Art. http://www.islamicart.com/index.html

3 tempat suci bagi umat Islam, Masjid Haram,Masjid Nabawi, dan Al-Aqsa. Menurut Cultural Heritage, ditambah lagi sebuah hasil cinta terhadap teknologi, keindahan dan seni di negeri eropa, situs Kerajaan Al-Hambra, di Granada Spanyol, peninggalan dinasti Nasrid.

Ehm... situs bangunan2 antik artistik merembet ke rumah2 di sekeliling Granada. Yang kusuka, ciri khas dari rumah2 orang Islam jaman dulu, adalah mempunyai taman di tengah rumah. Patio. Patio dipandang sangat penting, dan didesain sangat artistik. Agar orang di dalam rumah tidak terlihat, berbagai modifikasi dilakukan, dengan membelokkan dinding, membuat tangga dan sebagainya. Ya.Ya. Benar. Hasilnya, kulit-kulit wanita-wanita Islam zaman dulu tetap bisa bermandikan cahaya matahari, dan menjadi segar olehnya. Ah...ah... kalau saja bisa kubuat rumah seperti itu. Coba lihat di sini,ya...
http://www.greatbuildings.com/buildings/The_Alhambra.html

Oke, segitu dulu,ah.

Tuesday, December 06, 2005

Islamic Art

Sewaktu berkunjung ke Bali, aku dan adikku bergumam, seandainya Indonesia menjadi negara Islam sesungguhnya, tentu sudah tak ada lagi wisatawan yang ramai berkunjung ke Bali,ya. Patung-patung akan dimusnahkan,kah? Pura-pura bagaimana nasibnya?

Aku ternyata penasaran sekali dengan apa itu Islamic Art. Dan...sepanjang bulan Oktober sampai Desember akhir pekan lalu, ada pameran masjid dan kerajaan Islam. Hmm... Ternyata, tak ada satupun kubah yang dipamerkan ke sana. hayo, coba kau telaah lagi, sebenarnya dari mana kubah itu? Hasil dari ajaran Islam,kah?

Dalam pameran itu, Islamic Art didefinisikan sebagai semua hasil seni yang dibuat pada masa pemerintahan Islam, dalam wilayah kekuasaan Islam. Jadi, ada pula jubah2 kebesaran para pemuka nasrani dipamerkan di sana. Kesenian Islam pun akan berubah ciri khasnya ketika masa pemerintahan dinasti sultan berganti. Pada masa Raja Mamluk, akan banyak dijumpai berbagai variasi kaligrafi dalam karya-karya kesenian, seperti sloki-sloki, batu-batu marmer, permadani dan pakaian kebesaran. Begitu berganti ke kekuasaan Utsmani, semua itu banyak dilarang, dan kemudian lebih menonjolkan kerumitan corak dan kesimetrisan bangun.

Bagiku yang tak mengerti seni, sepintas saja memang wajar ada permadani-permadani indah yang simetris bangunnya, dengan komposisi warna yang tidak monoton.
Tapi aku membayangkan para seniman itu duduk,(atau mungkin nungging, jongkok) seharian untuk menyelesaikan karya seni yang membutuhkan kesabaran tinggi, dan penghitungan simetris yang akurat.

Hmm...ada banyak cerita tentang tempat itu. Tapi... setidaknya, aku baru punya sedikit waktu untuk memangkas belukar pikiranku menjadi sedikit tulisan ini...


ah..ah...
Cintaku... kenapa ceritaku akhirnya berlabuh di blog ini.:)

Monday, October 31, 2005

jumpa lagi

bismillaah...jumpa lagi dengan blog ini.

Hari ini hari ke duapuluh tujuh, tetapi sekarang sudah masuk malam dua puluh delapan.

Jepang...seperti biasa, berhias dengan aneka pernak pernik Halloween. Perayaan apa sih yang tidak dirayakan orang Jepang? Hehe... yang jelas, kalo bukan Muslim, ga akan ngerayain Ied beberapa hari lagi nanti.

Jepang...seperti biasa. Negeri maju.
Ada survey di dalam bis tadi. Mereka minta penumpang mengisi angket, pertanyaannya satu, dengan apa penumpang membayar ongkos bis.
Negeri maju. Pilihan jawabannya adalah duit, kartu bis prabayar, abunemen, karcis yang dibeli per-sepuluh lembar.
Negeri maju. Ngisi angket, tanpa pulpen, tanpa nyampah. GImana? Di sebelah pilihan jawaban, ada garis2 putus membentuk setengah lingkaran,yang bisa dilubangi dan dilipat sehingga jadi bolong. Ingat, dilipat. Jadi tak ada sampah seupil-pun yang tercecer di lantai bis.

Jepang...seperti biasa.Negeri maju.
Kumelaju,,,di salah satu gerbong kereta. Menuju tempat mencari ilmu... biar bisa bawa negeriku maju.
Jepang...seperti biasa.Negeri maju.

Tapi ia kering... kering akan syahdunya Ramadhan. Kalau saja tak kubawa sendiri. Kucipta sendiri.dalam riak hatiku. Dalam desahku... dalam sinergiku, bersama kekasihkku.

Saturday, August 06, 2005

Bulan Rajab

Bulan Rajab, adalah bulan haram, satu dari 4 bulan haram, dengan tiga lainnya yaitu Dzulqaidah,Dzulhijjah, Muharram.
10 hari pertama bulan Dzulhijjah sangat besar nilainya...
=================================================================================
Ketahuilah bahwa Alloh bersama orang-orang yang bertaqwa dan ditekankan sekali peningkatan ketaqwaannya itu pada sepuluh hari yang pertama di bulan Dzulhijjah ini. Ayat ini berupa anjuran untuk melakukan ketaqwaan, ketaatan.

Walaupun pada ashurul hurum ini peningkatan ketaqwaan dan ketaatan ditekankan. Lebih ditekankan lagi pada "Al Ashrul Awwal Min Dzilhijjah " (10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah). Ketika kita beramal sholeh pada hari-hari itu maka amal sholeh tersebut tidak bisa disamakan dengan amal sholeh apapun.

Ada disebutkan dalam hadist yang sangat kuat ketika menafsirkan surat Al-Fajr. Pada 3 ayat pertama Alloh menyebutkan tentang sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Dalam hadist riwayat Imam Bukhori dalam kumpulan shohih Bukhori dikatakan "Tiada ada amal sholeh yang lebih dicintai oleh Alloh SWT daripada amal sholeh yang dilakukan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah " . Sampai sahabat penasaran. Ada diantaranya yang bertanya , " Tidak pula jihad fisabilillah", maksudnya apakah jihad fisabilillah yang dilakukan di bulan lain tidak bisa menyamai amal sholeh yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Kecuali orang yang keluar berjihad membawa hartanya yang banyak dengan jiwa raganya sendiri kemudian mati syahid tidak kembali. Ini baru bisa sama. Peluang 10 hari pertama ini sangat mahal.

dari Abdul Hasib Hasan
====================================================================================
Banyak,ya...hari-hari khusus yang dibilang istimewa di mata Allah.
Kupikir2, kenapa,ya?
Ntar jadi sama kaya hari2 keramat dan berbau2 klenik,dong? (EH, pernah mikir kaya gitu,ga???)
Ya..itu sih berarti belum berkarakter mencintai sesuatu yang ALlah cintai.
Kalo pernah terbersit, yaa...segera aja dicari jawabannya. Jangan langsung diapus begitu aja. Perlu renungan juga,mungkin.

Hmm... siapa tahu, 10 hari bulan Zulhijjah itu adalah hari2 saat kebetulan kita lagi perang dingin ama teman dekat kita, atau kita lagi diterjang berbagai ujian yang menumpuk or kerjaan lab di sekolah.Atau kesibukan harus mewawancara artis ini itu yang datang ke Tokyo berhubung kita jago wawancara. Ato lagi ada proyek di stasiun radio tempat kita mencari duit sebagai part-timer.
Kok ya pas, 10 hari itu kita lagi ga punya duit misalnya, or lagi ga mood puasa sunnah, or ga mood ngobrol dengan orang dan pasang muka cemberut terus.
Naaah...kalo kita mau berusaha jadi taqwa,kan kita harus berusaha melewati semua halangan itu untuk terus meningkatkan amal sholeh pada saat2 terbaik itu,tuh. So... memang timing itu puentink,Jendral!:)

Yaa...begitulah level cobaan bagi hamba Allah yang masih cetek ini.

Sunday, July 31, 2005

Takut Salah

Takut Salah
Menurutmu, takut salah itu, salah,ndak?
Salah,lah. Lah, yang namanya manusia, tempat salah. Apakah ia akan hidup dalam ketakutan?
Kalau gitu, aku mau anakku nanti tumbuh bukan dalam suasana `TAKUT SALAH`, tapi suasana TAKUT ALLAH. :)

Takut salah, takut dikritik, takut dihujat, takut disindir, takut takut takut...

Susah amat. Yakin pintu maaf Allah sangat luas. Ga usah terlalu panik kalo ada seorang manusia tak bisa memaafkan, memandang baik dirimu.
Yakin, Allah sedang mendidikmu, jadi wajar, kalau dalam buku latihan sekolahmu di madrasah ALlah itu banyak jawaban yang salah. Yang penting, kau belajar dari kesalahan itu. OK?

Wednesday, July 20, 2005

sekadar copy-paste

Nyebarin ini,nih.
Tapi,pikir-pikir, jahat amat,ngebilangin orang pelit.hihi...
========================================================

Siapakah orang yang sibuk?
Orang yang sibuk adalah? orang yang suka menyepelekan waktu solatnya seolah-olah ia mempunyai
kerajaan seperti kerajaan Nabi Sulaiman a.s


Siapakah orang yang manis senyumannya?
Orang yang mempunyai senyuman yang manis adalah orang yang ditimpa musibah lalu dia berkata
"Inna lillahi wainna illaihi rajiuun." Lalu sambil berkata,"Ya Rabb, Aku ridho dengan ketentuanMu ini",
sambil mengukir senyuman.


Siapakahorangyangkaya?
Orang yang kaya adalah orang yang bersyukur dengan apa yang ada dan tidak lupa akan kenikmatandunia yang sementara ini.

Siapakahorangyangmiskin?
Orang yang miskin adalah orang tidak puasdengan nikmat yang ada selalu menumpuk-numpukkan harta.

Siapakahorangyangrugi?
Orang yang rugi adalah orang yang sudah sampai usia pertengahan namun masih berat untuk melakukan ibadah dan amal-amal kebaikan.

Siapakahorangyangpalingcantik?
Orangyangpalingcantikadalahorangyangmempunyaiakhlakyangbaik.

Siapakahorangyangmempunyairumahyangpalingluas?
Orang yang mempunyai rumah yang paling luas adalah orang yang mati membawa amal-amal kebaikan dimana kuburnya akan di perluaskan sejauh mata memandang.

Siapakahorangyangmempunyairumahyangsempitlagidihimpit?
Orang yang mempunyai rumah yang sempit adalah orang yang mati tidak membawa amal-amal kebaikkan lalu kuburnya menghimpitnya.

Siapakahorangyangmempunyaiakal?
Orang yang mempunyai akal adalah orang-orang yang menghuni surga kelak karena telah menggunakan akal sewaktu di dunia untuk menghindari siksa neraka.

SiapakahorgygPELIT?
Orang yg pelit ialah org yg membiarkan tulisan ini begitu saja, malah dia tidak akan menyampaikan kepada org lain.

Sushi

alhamdulillah...sudah lama tidak makan sushi
tiga piring
cumi
satu yang aku tak tahu namanya... METAI?
trus...duh, satu lagi apa,ya.

kemenangan yang dekat
adalah hiburan dari Allah agar kita senantiasa bersemangat

bisa dalam kemanisan-kemanisan kecil
atau kiriman kata singkat sahabat, orang terdekat, orang yang kita ingin dekat
atau tepukan sayang di pundak
atau dukungan terselubung dari kata-kata ringan tanpa maksud
namun bagai siraman air es di tengah musim panas
atau pujian yang mungkin terlihat seperti polesan
rutin
jamak
biasa
tapi bagi kita... manis, seperti suplai gula dalam darah, untuk otak

Tapi,
watak manusia untuk sering lupa
untuk sering mudah puas
untuk memilih yang mudah, dan sama seperti kebiasaannya yang mengurat akar
maka akan sulit jika yang mengakar adalah jamur, atau borok, atau hitam

ya Allah...
Kau akan minta pertanggungjawaban, sushi semalam untuk apa

ya Allah...
sabarkan.. agar kemenangan yang dekat, tetap terasa dekat
agar kemenangan yang akhirnya... tetap kunanti dengan kesabaran berlapis.

Sabar Untuk Surga Harapan Impian
Sabar Untuk Sebuah Harapan Impian

Sushii....

Sunday, July 17, 2005

Poet Boemi

Hari ini kubaca
sebuah syair tentang indahnya bumi
Pak Taufik Ismail

Ah...
Poet
Ah...
Boemi

http://www.geocities.com/paris/parc/2713/ti9.html

just today

bismillah... hari ini dimulai pukul berapa?

Ahad, banyak yang bilang hari ini sibuk.
Cerah, panas, dan lembab.

Panas, tak sepanas terikan matahari padang mahsyar.

Waw...tumpukan target dan kewajiban.
Uhm...belum apa-apa dibandingkan ujian tuk Ali AlTamimi, ilmuwan otak tokcer ini kekuatan imannya lagi dibenturkan dengan kekuasaan.

Kemenangan yang dekat,
adalah eskrim hari ini buatku.
Insya Allah.
Berjuang...

thanks to bloggers.